English

Ribuan Musim GugurCh001 - Kisah Ini Mengajarkanmu Untuk Melangkah, Dan Kau Akan Mendapatkan Kejutan

0 Comments


[Shen Qiao]

Puncak Half-Step, seperti kesan dari namanya, hanya memiliki beberapa inci persegi ruang untuk seseorang berdiri, jadi hanya setengah langkah ke depan saja akan membawamu ke tepi tebing yang tingginya ribuan meter. Di atasnya, bebatuan aneh menjulang tinggi dan pohon-pohon yang aneh tumbuh secara liar, sementara di bawahnya kabut dan pedut mengepul tanpa batas. Citra dewa yang menjerit atau hantu yang berdiri tidak akan aneh jika dibandingkan dengan pemandangan yang bergerigi dan berbahaya ini; bahkan langit dan bumi tampaknya tidak dapat saling menyentuh di sini. 9oEOzk

Di seberangnya adalah puncak lain yang disebut Puncak Regret, yang tidak kurang menembus awan dan terjal dari Puncak Half-Step. Pegunungannya menjulang setinggi ratusan meter secara vertikal seolah-olah itu telah diiris dengan pisau dan tampaknya tidak meninggalkan adanya ruang bagi seseorang untuk meletakkan kakinya. Meskipun masih ada tanaman hijau, semuanya berakar pada batu tanpa sedikitpun tanah untuk menutupi akar mereka, membuat siapa saja yang berani melirik sekilas dan menyesal mendaki ke atas puncaknya. Ini persis seperti dari mana “penyesalan” dalam namanya berasal.

Antara dua puncak tersebut ada penghalang alami. Melihat ke bawah dari atas, lautan awan tampak membeku, membuatnya mustahil untuk mengatakan kedalaman celah tersebut. Samar-samar, seseorang dapat mendengar suara air dari sungai yang mengalir tanpa henti dalam momentum yang kuat seperti seekor harimau yang haus atau singa yang berlari. Bahkan tukang kayu dan pemburu biasa tidak berani memanjatnya. Jika seorang Ahli Ahli Xiantian pernah berdiri di sana, ia juga akan tergerak oleh kurangnya kehendak manusia dibandingkan dengan kehendak Surga. TStMqm

Namun, di bawah awan dan kabut, di dasar tebing dan di antara sungai dan lereng gunung, terbentang jalan batu yang sempit dan kasar yang dilapisi bebatuan berbentuk aneh. Pada saat itu, dua orang berjalan di atasnya, satu mengikuti yang lain.

Sungai yang bergejolak melonjak ke atas, dengan ombaknya kadang-kadang meringkuk dan menghantamkan diri ke bebatuan basah dan licin. Sangat mudah bagi orang-orang yang berjalan di sepanjang jalan untuk menjadi basah kuyup, jika tidak dengan jatuh ke sungai maka dari gelombang yang dengan paksa memercikkannya ombaknya setidaknya. Tetapi jika seseorang mencoba untuk bersandar ke tebing, mereka akan menabrak batu-batu tajam dan bergerigi di permukaan dinding batu yang curam. Dalam situasi yang sulit seperti itu, siapa pun akan terjebak seperti tikus yang tenggelam. Itu sama sekali tidak mungkin untuk tetap dengan riang dan anggun sambil berjalan dengan santai seperti seseorang yang mondar-mandir di halaman — seperti dua orang di sini.

“Dikatakan bahwa dua puluh tahun yang lalu, Master Taois Qi dari Gunung Xuandu mengalahkan Hulugu, ahli nomor satu di Tujue, di sini di atas Puncak Half-Step, dan memaksanya untuk bersumpah untuk tidak memasuki Central Plains lagi untuk dua puluh tahun ke depan. Sayang sekali aku terlalu muda untuk menyaksikan pertarungan saat itu, meski aku membayangkan kecerdasannya pasti tak tertandingi.”

Pemuda yang berbicara adalah orang yang mengikuti di belakang. Kecepatan mereka moderat, namun mereka tetap terpisah tiga langkah diantara satu sama lain. fxGgjO

Pria yang berada di depan mengambil langkah-langkah kecil, muncul dengan kemudahan semacam itu sehingga benar-benar tampak seolah-olah dia sedang berjalan di tanah datar. Pemuda di belakangnya memiliki langkah yang sedikit lebih besar; meskipun dia juga anggun seperti seorang Immortal ketika dilihat sendirian, tidak sulit untuk membedakan perbedaan menit jika seseorang membandingkannya bersama.

Yan Wushi mencemooh, “Mempertimbangkan semua yang ada di bawah Surga, Qi Fengge pada tahun-tahun itu benar-benar pantas disebut ‘nomor satu’. Hulugu, yang hanya seorang barbar yang tidak beradab, hanya bisa menyalahkan dirinya sendiri karena terlalu percaya diri yang membuat dirinya malu. Itu hanya karena Qi Fengge berpegangan terlalu erat pada sikap menyendiri dari sekte-sekte Taois dan menolak untuk memberikan pukulan membunuh kepadanya, bersikeras membuat beberapa perjanjian dua puluh tahun sebagai gantinya. Selain menanam benih masalah masa depan untuk Gunung Xuandu, dengan cara apa itu berguna?”

Yu Shengyan bertanya dengan rasa ingin tahu, “Guru, apakah keterampilan bela diri Hulugu benar-benar bagus?”

“Jika aku melawannya sekarang, masih belum ada kepastian akan kemenanganku.” K8oiXG

“Apakah dia sekuat itu?!” Ekspresi Yu Shengyan berubah menjadi ketakutan. Dia tahu persis seberapa kuat dan tak terbayangkannya keterampilan bela diri gurunya. Karena Hulugu menerima penilaian seperti ini dari Yan Wushi, levelnya pasti sama mengerikannya. Mungkin dia bahkan bisa masuk ke dalam tiga besar di bawah Surga.

Suara Yan Wushi terdengar acuh tak acuh, “Jika tidak, mengapa aku harus mengatakan bahwa Qi Fengge telah meninggalkan masalah yang tak ada habisnya pada generasi muridnya? Memang benar bahwa dua puluh tahun yang lalu, Hulugu sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Qi Fengge, tetapi celah ini bukan sesuatu yang mustahil untuk dikejar dalam dua dekade. Sekarang Qi Fengge sudah mati, Gunung Xuandu tidak akan pernah dapat menemukan Feng Fengge kedua.”

Yu Shengyan menghela napas lembut, “Benar, Master Taois Qi telah naik ke Surga lima tahun yang lalu.”

“Siapa pemimpin Sekte Gunung Xuandu saat ini?” XRvzJ4

“Seorang murid dari Qi Fengge yang bernama Shen Qiao.”

We’re sorry for MTLers or people who like using reading mode, but our translations keep getting stolen by aggregators so we’re going to bring back the copy protection. If you need to MTL please retype the gibberish parts.

Yan Wushi hampir tidak menunjukkan reaksi apa pun terhadap nama itu. Dia baru bertemu Qi Fengge sekali, dan itu pun dua puluh lima tahun yang lalu. Pada saat itu, Shen Qiao baru saja diterima oleh Qi Fengge sebagai murid pribadinya.

Meskipun Gunung Xuandu disebut sebagai “Sekte Taois nomor satu di bawah Surga,” di mata Yan Wushi, yang baru saja keluar dari Meditasi Pintu Tertutup sepuluh tahun, selain Qi Fengge, tidak ada seorang pun di Gunung Xuandu yang cukup layak untuk menjadi tandingannya.

Kjql Hl Mfcuuf revjt wjal. dFCZja

Melihat bahwa gurunya tidak menunjukkan minat yang besar, Yu Shengyan melanjutkan, “Saya telah mendengar bahwa murid Hulugu, Hunye, Raja Tuqi dari Kiri dan juga ahli nomor satu di Tujue saat ini, telah menantang Shen Qiao untuk duel hari ini di atas Puncak Half-Step, mengklaim sebagai balas dendam atas penghinaan saat itu. Apakah Guru tertarik untuk melihat-lihat?”

Langit Bieru.

Tjc Qertl alvjx gfqba-gfqba wfcpjkjy, afajql perage yfgajcsj, “Vfijwj rfqeiet ajtec xfalxj jxe wjrlt vl vjijw Zfvlajrl, jqjxjt jvj xfpjvljc yfrjg ijlccsj rfijlc xfwjaljc Hl Mfcuuf?”

Yu Shengyan berpikir sejenak, “Tidak lama setelah Anda memasuki Meditasi, Gao Wei naik tahta sebagai Kaisar Qi yang baru. Tapi dia adalah seorang manusia yang bergelimang dalam kesenangan indria dan bersenang-senang dalam kehidupan yang tinggi, jadi selama sepuluh tahun terakhir, kekuatan nasional Qi telah menurun drastis. Ada desas-desus bahwa Yuwen Yong, Kaisar Zhou, berencana menyerang Qi. Saya khawatir daerah utara akan segera jatuh ke tangan Zhou.” lQrvw4

“Setelah kematian Qi Fengge, peringkat dari sepuluh ahli teratas juga telah berubah. Di antara mereka, Yi Bichen dari Kuil Taois Chunyang di Gunung Qingcheng, Master Zen Xueting dari Zhou, dan Master-yang-bertanggung jawab Ruyan Kehui dari Institute Linchuan umumnya diakui sebagai tiga besar, dan ketiganya kebetulan mewakili Tiga Sekolah Jushe dari Tuyuhun juga harus menjadi salah satu dari tiga teratas. Hulugu juga. Jika dia telah maju lebih lanjut dalam keterampilan selama dua puluh tahun terakhir, maka ketika ia memasuki Central Plains kali ini, mungkin tidak mustahil baginya untuk bahkan berjuang demi posisi nomor satu.”

Melihat bahwa gurunya masih bergerak maju tanpa menanggapi, Yu Shengyan membujuk lebih lanjut, “Guru, Kunye telah menantang Shen Qiao untuk berduel hari ini, kemungkinan pertarungan yang hebat sulit didapat. Shen Qiao sebagai orang yang hidup dalam kehidupan yang sangat terpencil. Sejak dia mengambil alih Purple Mansion Xuandu, dia bahkan lebih jarang bertarung dengan yang lain. Hanya karena reputasi terkenal gurunya Qi Fengge, dia juga masuk peringkat dalam sepuluh ahli teratas. Jika Guru ingin melihat kekuatan Gunung Xuandu yang sebenarnya, pertarungan hari ini pasti sesuatu yang tidak ingin kita lewatkan. Saya takut bahwa pada saat ini, puncak dari Puncak Regret sudah dipenuhi oleh para ahli yang datang untuk menontonnya.”

“Cqj wfcegeawe jijrjc jxe vjajcu xf rlcl tjgl lcl jvjijt ecaex wfcbcabc qfgajgecujc?” Tjc Qertl jxtlgcsj yfgtfcal. pKd6aS

Te Vtfcusjc rfvlxla ueueq, “Bjije yfulae gfcmjcj Xege jvjijt?”

Dia baru berusia tujuh tahun ketika Yan Wushi membawanya sebagai muridnya. Tiga tahun kemudian, Yan Wushi dikalahkan dalam pertempuran melawan Grand Master dari Sekte Iblis, Cui Youwang, dan memasuki Meditasi Pintu Tertutup saat terluka — Meditasi yang telah berlangsung selama sepuluh tahun.

Dalam sepuluh tahun itu, Yu Shengyan terus berlatih seperti yang diinstruksikan Yan Wushi dan juga bepergian ke banyak tempat. Kemajuannya jauh melampaui apa yang seharusnya, karena dia sudah berada di antara para ahli tingkat pertama sejak lama. Namun, sudah sepuluh tahun sejak mereka terakhir bertemu, tentu saja, ada beberapa celah dan ketidakbiasaan di antara mereka. Selain itu, ketika keadaan bela diri Yan Wushi menjadi lebih dalam dan lebih dalam, kekaguman di hati Yu Shengyan menjadi lebih besar juga. Bahkan sikap santai seperti biasa di depan orang lain telah berubah menjadi semacam peringatan hati-hati di depan gurunya.

Dengan tangannya tergenggam di belakang punggungnya, Yan Wushi berkata dengan suara polos, “Aku melihat duel antara Qi Fengge dan Hulugu beberapa tahun yang lalu. Baik Shen Qiao dan Kunye adalah murid mereka, tetapi masih muda; tidak peduli seberapa terampilnya mereka, mustahil pertarungan mereka akan melampaui pertunjukan besar dari pertarungan antara Qi dan Hu. Aku membawamu ke sini karena, dengan aliran air yang deras dan pemandangannya yang sulit, tempat ini menghubungkan ke atas dengan bayang-bayang langit dan ke bawah ke roh bumi — tempat yang optimal untuk berlatih dan memahami seni bela diri. Ketika aku berada dalam Meditasi, aku tidak punya waktu untuk merawatmu. Sekarang setelah aku keluar, aku tidak bisa membiarkanmu bertahan dalam kemajuanmu saat ini tanpa terobosan apa pun. Sampai kamu bisa memahami dan mencapai tahap kelima dari Fundamental Records of Phoenix-Qilin, kamu akan tetap berada di sini.” PesvCL

Yu Shengyan tiba-tiba merasa sedikit bersalah. Selama sepuluh tahun terakhir, bahkan selama perjalanannya, dia tidak pernah melewatkan satu hari pun latihan. Sekarang usianya baru dua puluh tahun, namun ia telah mencapai tahap keempat dari Fundamental Records of Phoenix-Qilin dan diakui di antara yang terbaik dari generasi muda. Dia cukup puas dengan dirinya sendiri, tetapi setelah kata-kata gurunya, sepertinya dia belum mencapai apa pun yang pantas.

Seakan dia menyadari perasaan Yu Shengyan, senyum sarkastik muncul di wajah Yan Wushi ketika dia menyunggingkan sudut mulutnya, “Pada saat aku mencapai usiamu, aku sudah mencapai tahap keenam. Apa yang sangat kamu banggakan? Daripada bersaing dengan ikan dan udang kecil itu, mengapa kamu tidak bertanding melawanku?”

Beberapa uban tersebar di antara cambangnya, tetapi itu sama sekali tidak mengurangi pesonanya. Bahkan, jejak senyuman samar itu membuatnya semakin sulit untuk mengalihkan pandangan dari penampilannya yang tampan.

Jubah putih itu berdesir dalam badai, tetapi orang di dalamnya tetap tak tergoyahkan. Hanya berdiri di sana dengan tangan tergenggam di belakang punggungnya, aura penangkalan yang tak terlihat terbentuk dengan arogansi seperti seolah-olah dia melihat ke bawah dari puncak dunia, menantang siapa pun yang masuk. z7ox2t

Pada saat itu, Yu Shengyan berdiri di depannya dan merasakan perasaan sesak napas yang memaksanya untuk mundur beberapa langkah. Dalam penghormatan dan ketakutan yang mendalam, dia berkata, “Guru memiliki bakat surgawi, bagaimana saya, sebagai murid Anda, berani untuk bersaing dengan Anda!”

“Sapa aku dengan gerakanmu yang paling kuat. Aku ingin melihat kemajuanmu selama tahun-tahun ini.”

Sejak Meditasi gurunya, Yu Shengyan belum pernah menguji keterampilan bela dirinya, jadi dia sedikit ragu setelah mendengar tantangan, tetapi pada saat yang sama ingin mencobanya. Namun, keraguan itu menghilang begitu dia melihat sedikit ketidaksabaran yang muncul di wajah Yan Wushi.

“Kalau begitu tolong maafkan murid Anda karena kekasarannya!” Sebelum suaranya bisa memudar, tubuhnya sudah bergerak sesuai dengan pikirannya, dan lengan jubahnya terbang di udara. Tanpa banyak pergerakan, dia sudah cukup dekat dengan Yan Wushi. IhU1dd

Yu Shengyan mengangkat lengan bajunya dan menyerang dengan telapak tangannya. Di mata orang lain, pergerakannya paling tidak kuat, seperti mengambil bunga di hari musim semi atau menyapu debu di malam musim panas. Ringannya hampir secara rohani.

Hanya orang-orang yang dekat dengan itu yang dapat merasakan bahwa ketika telapak tangannya menyerang, semua tanaman dalam satu meter bergetar dan sungai mulai mengalir mundur, gelombangnya menggelora dan busa terbang dalam aliran udara yang melonjak naik dengan deru dan bergegas menuju Yan Wushi!

Please support our translators at langitbieru (dot) com

Namun, aliran ini, dengan momentum yang dapat menghentikan sungai atau bahkan mengubah gelombang laut, membelah dan melesat ke kedua sisi saat mencapai Yan Wushi, seolah-olah diblokir oleh layar tak terlihat.

Dia masih berdiri di sana. Posturnya tidak berubah sedikit pun. Saat telapak Yu Shengyan mendekati matanya, dia hanya terjebak sejauh satu jari. Ik5ODg

Satu jari saja, dan tidak lebih.

Satu jari ini benar-benar menghentikan serangan Yu Shengyan di udara.

Yu Shengyan merasa bahwa seluruh aliran udara di sekitar telapak tangannya yang baru saja dibuang telah berbalik ke arahnya. Refluks serangan balasan yang mengecam kembali ke wajahnya beberapa kali lebih kuat daripada yang dia ciptakan barusan. Terkejut, dia menggunakan kekuatan aliran untuk membantu kakinya mundur dengan terburu-buru!

Pemunduran ini membawanya kebelakang lebih dari sepuluh langkah! ome9LS

Sampai akhirnya dia menstabilkan dirinya di salah satu batu, dia masih berdebar-debar ketakutan. “Terima kasih Guru atas belas kasihan Anda!”

Ada beberapa orang di dunia pugilistik yang bisa bertahan dari serangan telapak tangannya. Yu Shengyan sudah cukup puas dengan ini sebelum ini.

Tetapi Yan Wushi, dengan hanya satu jari, mampu memaksanya untuk menarik telapak tangan untuk membela diri.

‘Untungnya, Guru hanya menguji kemajuanku dan tidak mendorong keuntungan dengan serangan lebih lanjut. Jika itu musuh … ‘ HAxFK4

Mempertimbangkan titik ini, Yu Shengyan dipenuhi keringat dingin sementara dia panik dan tidak berani berjalan di udara lagi.

Mengetahui bahwa dia telah mencapai tujuannya, Yan Wushi tidak bermaksud mengatakan lebih banyak lagi. “Jangan sia-siakan bakat luar biasamu. Dalam beberapa hari, aku akan berangkat ke Tujue untuk beberapa waktu. Setelah kamu mencapai tahap kelima di sini, jika tidak ada yang bisa dilakukan, kamu dapat mencari kakak bela diri seniormu. Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu berkeliaran di luar.”

Yu Shengyan menjawab dengan hormat, “Baik.”

Yan Wushi melanjutkan, “Pemandangan tempat ini dibuat oleh alam dan jarang dikunjungi. Aku ingin berkeliling, jadi kamu tidak perlu … ” xgRUC5

Sebelum dia selesai, suara berderak datang dari tidak jauh di atas mereka. Mereka melihat ke arah suara dan melihat seseorang, seolah-olah dia telah terlempar dari atas, memecah lapisan dahan dan memukul bagian bawah tebing. Bahkan Yu Shengyan tidak bisa menahan “ouch!” Setelah mendengar suara teredam dari pendaratan tersebut.

Jatuh dari puncak setinggi itu, bahkan untuk seorang master bawaan, masih akan sulit bertahan hidup.

Belum lagi bahwa orang ini pasti tidak jatuh tanpa alasan; Itu pasti karena dia telah terluka parah.

“Guru?” Dia melihat instruksi Yan Wushi. VuxSRL

“Periksalah,” kata Yan Wushi.

Jubah Taoisnya robek di banyak tempat, kemungkinan disebabkan oleh cabang dan ujung karang yang tajam saat dia jatuh. Dengan noda darah dan darah segar merambah daging robeknya, bahkan sulit untuk mengenali penampilan aslinya.

Please visit langitbieru (dot) com

Orang itu sudah pingsan dan tidak sadarkan diri, bahkan tidak bisa memegang pedangnya. Saat dia menyentuh tanah, pedangnya mengikuti dan jatuh tidak jauh darinya.

“Saya khawatir beberapa tulangnya telah patah.” Yu Shengyan memeriksa pria yang jatuh itu beberapa saat dengan alis berkerut dan mengekspresikan simpatinya dengan beberapa decakan di lidahnya. Dia mengambil denyut nadinya, lalu merasa masih ada peluang kecil untuk bertahan hidup. MzjL4o

Tetapi untuk orang seperti ini, bahkan jika hidupnya bisa diselamatkan, hasilnya mungkin tidak jauh lebih menyenangkan daripada kematian baginya.

Yu Shengyan adalah murid dari Sekte Iblis biar bagaimanapun juga. Meskipun dia masih muda, jumlah kebaikan yang dia miliki sangat terbatas. Oleh karena itu, meskipun dia memiliki Great Healing Pills pada saat itu, dia tidak menunjukkan niat untuk menggunakannya pada orang tersebut.

Tapi ….

“Guru, hari ini adalah tanggal duel antara Shen Qiao dan Kunye. Orang ini jatuh dari atas, mungkinkah…. ” ZydiYb

Yan Wushi mendekat. Alih-alih melihat pria itu, dia mengambil pedangnya terlebih dahulu.

Bilahnya dingin seperti air musim gugur, tanpa sedikitpun kerusakan, dan pantulan sungai dan kabut di atasnya membuatnya tampak seolah-olah bilah itu sendiri beriak. Di dekat pegangan pedang ada empat karakter segel.

Yu Shengyan mendekat untuk melihat, lalu berteriak dalam keterkejutan, “Pedang Grieving Celestial! Pedang ini milik pemimpin sekte Purple Mansion Xuandu, jadi dia memang benar-benar Shen Qiao!”

Menatap Shen Qiao, yang terluka parah sampai hampir mati, dia merasa itu hampir luar biasa, “Qi Fengge adalah seniman bela diri terkuat. Bagaimana bisa Shen Qiao, murid pribadinya dan juga pemimpin sekte Gunung Xuandu, dikalahkan sepenuhnya?” D0dumA

Yu Shengyan berjongkok di depan Shen Qiao dan alisnya berkerut. “Mungkinkah keterampilan bela diri Kunye telah mencapai titik di mana dia bahkan melampaui gurunya Hulugu?”

Jika ada orang lain dari Gunung Xuandu yang jatuh, Yan Wushi tidak akan tertarik atau bahkan memberi mereka pandangan lain. Tapi Shen Qiao, yang merupakan pemimpin sekte, memang istimewa.

Dia melempar Pedang Grieving Celestial kepada Yu Shengyan, lalu menatap wajah Shen Qiao yang tidak dapat dikenali untuk sesaat. Tiba-tiba, senyum yang penuh arti muncul di wajahnya.

“Beri dia Great Healing Pill untuk saat ini.” wl1dIL

 

 

Translator's Note

• Ahli — kata “ahli” sering digunakan sebagai singkatan untuk “ahli seni bela diri”.

Langit Bieru.

• Xiantian/Houtian (先天/后天) — nama-nama dua tahapan kultivasi yang muncul dalam beberapa novel, dengan tahap Houtian sebelum tahap Xiantian. Houtian bisa berarti Posterior Heaven/Post-celestial/Acquired(yang diperoleh). Xiantian bisa berarti Anterior Heaven/Pre-celestial/Innate(bawaan). Sangat kasar, idenya adalah bahwa sesuatu yang “Xiantian” itu primordial dan dengan demikian dekat dengan Dao, sementara sesuatu yang “Houtian” itu terdegradasi atau lebih jauh dari Dao.

Kedua istilah ini berasal dari Taoisme dan Alkimia Internal. Ada keyakinan bahwa orang dilahirkan dengan sejumlah kecil harta Xiantian (Esensi, Qi, dan Roh). Dengan berlatih Kultivasi Taois dan Alkimia Internal, mereka dapat menyerap dan menyempurnakan Qi Houtian dunia alam untuk terus meningkatkan pasokan harta Xiantian mereka (yang memberikan manfaat kesehatan dan umur panjang).

Translator's Note

• Tujue (突厥) — Konfederasi nomaden orang Turki di Asia Tengah abad pertengahan, juga dikenal sebagai Göktürks/Celestial Turks/Blue Turks/Kok Turks.

Translator's Note

• Central Plains/Dataran Tengah (中原 zhongyuan) — Daerah di bagian hilir Sungai Kuning yang menjadi tempat lahirnya peradaban Cina. Di dalamnya dianggap sebagai pusat dunia oleh masyarakat Cina kuno, dan dalam konteks yang lebih luas, istilah ini juga mengacu pada peradaban Cina dan Cina yang tepat, wilayah yang secara langsung diatur oleh pemerintahan dan dinasti Cina yang tersentralisasi.

Translator's Note

• Naik ke Surga (登遐 dengxia) — Istilah sopan untuk “kematian”.

Translator's Note

• Murid Pribadi (入室弟子 rushi dizi) — Juga disebut sebagai murid di rumah, seorang murid yang memiliki hubungan yang sangat intim dengan gurunya dan dipilih untuk diajar oleh gurunya secara pribadi. Biasanya, guru mereka juga akan mewariskan semua yang mereka ketahui kepada murid pribadi mereka.

Translator's Note

• Meditasi Pintu Tertutup (闭关 biguan) — Juga disebut Pelatihan Pintu Tertutup atau Kultivasi Pintu Tertutup. Pelatihan yang dilakukan dalam pengasingan, biasanya untuk fokus pada terobosan, untuk menyembuhkan cidera/luka, atau untuk menghindari gangguan pada saat yang genting dan menderita pukulan balik sebagai hasilnya.

Translator's Note

• Raja Tuqi dari Kiri (左屠耆王 zuo tuqi wang / 左贤王 zuo xian wang) — Sebuah kedudukan tinggi Xiongnu, sebutan juga dikenal sebagai “Raja/Pangeran yang Layak/Bijaksana dari Kiri(Timur)”, yang mana merupakan ungkapan yang digunakan oleh para analis Cina yang mengacu pada Kerajaan Turki Timur (alias Tujue di sini) pada abad 6-8, yang merupakan latar belakang sejarah dari novel ini.

Raja Tuqi dari Kiri pada umumnya ditetapkan sebagai penerus Chanyu/Khan, pemimpin konfederasi kelompok nomaden (Xiongnu/Tujue). Dua gelar diberikan kepada masing-masing dari mereka, panglima tertinggi yang masing-masing memperoleh kekuasaannya dari wilayah timur dan barat. Ini berfungsi sebagai dua sayap di sepanjang domain utama Chanyu. Penjelasan annalistik Cina adalah “Pangeran Yang Layak dari Kiri (Timur)” dan “Pangeran Yang Layak dari Kanan (Barat)”. Organisasi negara ini adalah tradisional untuk negara nomaden Eurasia dari Khan ke Kerajaan Turki.

Translator's Note

• Qi — Mengacu pada Qi Utara, salah satu dinasti Utara selama periode Dinasti Selatan dan Utara dalam sejarah Cina.

Translator's Note

• Zhou — Mengacu pada Zhou Utara.

Translator's Note

• Institute (学宫 xuegong) — Sekolah Konfusianisme resmi yang didirikan oleh pemerintah. Dalam novel ini, sekolah ini juga berfungsi sebagai Sekte Konfusianisme.

Translator's Note

• Tiga Sekolah — Kata ini akan digunakan sebagai singkatan untuk “Tiga Sekolah Taoisme, Budha, dan Konfusianisme.

“Tetapi beberapa orang mengatakan bahwa [tn content="Sage"] • Sage (智者 zhizhe) — Suatu kehormatan yang diberikan kepada para biarawan dari Buddhisme Tibet dengan pangkat tinggi.

Translator's Note

• Tuyuhun (吐谷浑) — Kerajaan yang kuat yang didirikan oleh perantau Eurasia terkait dengan Xianbei di Pegunungan Qilian dan lembah Sungai Kuning bagian atas.

Translator's Note

• Purple Mansion Xuandu (玄都紫府 Xuandu Zifu) — Purple Mansion (Zifu) sering digunakan untuk merujuk pada tempat/istana tempat tinggal para Immortal. Purple Mansion Xuandu (Xuandu Zifu), adalah tempat di mana “The Grand Supreme Elderly Lord (太上老君 Taishang Laojun)” hidup, yang juga dikenal sebagai “Virtuous Virtally One (道德至尊 Daode Zhizun)” atau Leluhur Tao. Di sini, digunakan sebagai nama untuk Sekte Taois di Gunung Xuandu.

Translator's Note

• Karakter Segel (篆体) — Gaya menulis aksara Cina kuno yang umum di paruh kedua milenium ke-1 SM, berevolusi awalnya berasal dari naskah Dinasti Zhou. Kemudian, banyak digunakan untuk dan hanya muncul dalam ukiran dan segel dekoratif.

Translator's Note

• Grieving Celestial (山河同悲 Shanhe Tongbei) — Secara harfiah berarti “Pegunungan dan Sungai berduka bersama [dengan mereka/itu]”, sementara “Gunung dan Sungai” adalah istilah yang sering digunakan untuk merujuk “Dunia/seluruh tanah/Alam.” Ada empat karakter dalam bahasa Cina, maka “empat karakter segel” dalam paragraf di atas.

Leave a Comment

For an easier time commenting, login/register to our site!